Sunday, November 12, 2017

Reagen CuSO4


Assalamu'alaikum Wr.Wb.


Saya dyah ayu mahasiswi dari AAK Theresiana Semarang akan menceritakan tentang praktikum saya pada hari Sabtu, 11 November 2017. Jadi pada praktikum ini saya mengamati dan memahami tentang kation golongan 1 - 5 dan anion, karena pada sabtu, 18 November 2017 mahasiswa dan mahasiswi AAK Theresiana Semarang akan melaksanakan katihan ulangan kimia analisa yaitu identifikasi kation dan anion. yang kami amati adalah mulai dari organoleptis reagen dan rekasi-reaksi yang terjadi setelah ditambah dengan pereaksi.

Nah, pada blog saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang reagen CuSO4. Reagen CuSO4 memiliki bentuk serbuk berwarna biru dan tidak berbau. Reagen ini sering disebut dengan Cupri Sulfat / Tembaga (II) Sulfat. Reagen ini tersusun dari unsur kation Cu++ dan SO4=, serta memiliki bobot molekul 159, 609. Reagen CuSO4 ini digunakan untuk identifikasi kation golongan II. Berikut ini hasil-hasil praktikum menggunakan reagen CuSO4 yang sudah pernah saya lakukan pada identifikasi kation golongan II.
1.  CuSO4 + NaOH --> endapan biru, dipanasi -->  endapan hitam.
2. CuSO4 + amonia --> endapan hijau + amonia berlebih --> endapan larut dan terjadi larutan biru intensif. 
3. CuSO4 + KI--> endapan putih dan larutan berwarna kuning.
4. CuSO4 + Na2S --> endapan hitam.

Di AAK Theresiana Semarang memiliki reagen - reagen yang sangat lengkap, tidak hanya CuSO4 ini, tetapi mahasiswa/mahasiswi juga diajarkan mengenal reagen-reagen kimia lainnya. Selain memiliki reagen yang lengkap AAK Theresiana Semarang juga memiliki alat-alat praktikum yang lengkap sehingga memudahkan mahasiswa/mahasiswa untuk melakukan praktikum. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila masih banyak kekurangan serta kesalahan saya mohon maaf. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

No comments:

Post a Comment